BAN-PDM Papua Dorong Transformasi Akreditasi Menuju Penilaian Kinerja

 


Jayapura, Papua Terbit, – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Papua aktif memberikan materi penting dalam berbagai kegiatan pendidikan sepanjang 2025. Salah satunya adalah dalam Rapat Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Papua Tahun 2025 yang berlangsung di aula kantor Gubernur Provinsi Papua.

Kepala BAN-PDM Papua, Ibu Siti Amanah, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa akreditasi merupakan misi bersama yang mengedepankan sinergi antar pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Fokus utama dalam kegiatan ini adalah penyelarasan linimasa pelaksanaan akreditasi untuk tahun 2026 dengan pendekatan transformasi dari sistem akreditasi berbasis dokumen ke penilaian performa.

“Kita dulu masih punya mindset bahwa akreditasi itu hanya soal dokumen, padahal sekarang sudah berubah ke penilaian kinerja secara menyeluruh. Oleh karena itu kami berharap kerja sama erat dengan dinas pendidikan kabupaten/kota agar regulasi dan persyaratan akreditasi dapat diaplikasikan dengan baik,” ujar Siti Amanah.

Materi yang disampaikan juga mengupas empat komponen utama yang harus dipenuhi satuan pendidikan dalam proses akreditasi tahun ini. Selain itu, sosialisasi ini menjadi momen penting untuk memastikan seluruh pihak memahami dan siap menyambut peraturan dan kebijakan baru.

BAN-PDM Provinsi Papua terus mendorong pelaksanaan akreditasi yang transparan, profesional, serta sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan secara nasional. Ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Papua serta memperkuat tata kelola pendidikan dasar dan menengah di wilayah Papua. 

“Kami percaya dengan sinergi yang kuat antara BAN-PDM dan Dinas Pendidikan, mutu pendidikan di Papua akan semakin terjamin. Akreditasi ini bukan hanya sekadar aturan, tapi menjadi alat ukur nyata untuk kemajuan pendidikan anak-anak kita,” tandas Siti Amanah.

Hingga tahun 2025, BAN-PDM Papua telah mengakreditasi lebih dari 1.200 satuan pendidikan mulai dari PAUD hingga pendidikan menengah.  

"Proses akreditasi kini melibatkan penilaian langsung ke sekolah dengan fokus pada 4 komponen utama: standar isi, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan manajemen sekolah,"katanya Siti. 

Tahun 2026, BAN-PDM menargetkan 95% satuan pendidikan di Papua sudah terakreditasi dengan predikat minimal “Baik”.(Alex)

Posting Komentar

0 Komentar